Selasa, September 11

Beast is my idol

-->
Sejak tahun 2011, Aku mengidolakan Boyband ini. B2ST atau biasa disebut Beast. MV sekaligus lagu pertama yang Aku suka yaitu Shock Japanesse version. Menurut Aku mereka keren-keren banget, dan dance nya bagus banget. Mulai dari situ Aku mencari-cari tentang membernya. Yang aku suka pada awalnya yaitu Dujun oppa yaitu leadernya beast karena pas aku liat dia mirip orang jepang ahahaha padahal ngga sih klo diliat sekarang. Tapi setelah lama-lama aku jadi suka Dongwoon. Dongwoon itu ganteng bangeett, hidungnya mancung dan Dia ngga keliatan kayak orang korea tapi lebih mirip bule atau arab-arab gitu. Pantesan b2uty (fans beast) bilang dongwoon itu arabian prince. Tapi orang lain banyak yang lebih menyukai Yoseob dibanding bias aku tadi. Tapi bukan berarti aku ngga suka yoseob, aku juga suka banget sama suaranya yoseob. Yoseob juga imut wajahnya. Dan aku sempet ngira dia itu maknae (yang paling muda) tapi ternyata bukan, dongwoon ternyata maknaenya. Terus member lainnya Junhyung, dia rapper. Oia, pas pertama kali tau beast aku salah ngira yang rapper ini aku kira yoseob ternyata salah. Junhyung ini keren banget kalo lagi nge-rapp, aku suka banget rapp yang dia bawain apalagi kebanyakan dari rapp lagu beast junhyung sendiri yang bikin liriknya. Terus ada gikwang, ya gikwang juga favorit aku di beast, gikwang wajahnya ganteng, imut dan badannya wOw kotak-kotak. Tapi sayang gikwang itu paling pendek di beast tingginya 170 cm. Tidak cukup tinggi buat cowok-cowok. Yang terakhir yaitu hyunseng, ngga tau kenapa aku ngga terlalu suka sama hyunseng soalnya kata aku dia itu cantik kaya cewek hehe. Tapi diakuin kalo hyunseng itu suaranya bagus, tariannya paling oke. Dan kerennya dia hampir masuk Bigbang tapi karena dia itu terlalu pemalu jadi gagal masuk bigbang. Dan beast itu menurut aku jago di lagu ballad sama dance. Oia, koleksi beast yang aku punya:

Lagu-lagu di Playlist HP

Lagu-lagu di Laptop

MV, live concert, practice
Poster
Majalah dan tabloid ttg beast jg Kalender
Lagu-lagu beast ini emang easy listening jadi bikin aku suka. Sedih juga kemarin beast dateng ke indonesia ngga bisa nonton konsernya. Tapi gapapa, yang penting jadi B2uty selalu.

Demam Kpop tingkat Akut


Ini postingan terbaru Saya di tahun 2012 tentang kecanduan Saya terhadap Dunia Kpop. Memang sudah lama Saya menyukai Kpop tapi Saya rasa sekarang ini semakin menjadi-jadi..
Oke, berawal dari tahun 2008 saat teman SMA Saya yg meminjamkan flashdisk dan isinya Video Super Junior semua. Dengan rasa tertarik dan penasaran Saya pun menonton nya ternyata waw, memang ganteng-ganteng. Dia (teman Saya) adalah cowok tp menyadari kegantengan anggota boyband ini dan Saya tertarik dengan Siwon Suju. Saya mulai kepo mencari-cari ttg Siwon. Tapi karena kesibukan waktu SMA ya sudah cukup suka dan tahu saja tentang Super Junior. Video pertama yg Saya lihat adalah U mandarin version..
Setelah 2 tahun berlalu, Saya masuk kuliah dan di kampus mulai menemukan teman yang suka dengan Kpop. Dia penggemar berat Super Junior. Oh saya juga tahu tentang Super Junior tapi waktu itu cuma tentang Siwon. Saya pun mencoba mencari tahu tentang Super Junior di google biar gak ketinggalan. Dan setelah tahu banyak tentang super junior, mulai dari foto, nama-nama member beserta biodatanya, lagu-lagu serta video super junior. Bias di super junior pun berubah menjadi Kyuhyun. Kemudian Saya mencari-cari lagu-lagu dan video kpop lainnya hingga menemukan Shinee, snsd, 2PM, bigbang, beast, dll. Saya menjadi benar-benar tergila-gila dengan kpop. Saya jadi suka mengumpulkan foto-foto artis Kpop, lagu, MV, sampai berlangganan tabloid dan majalah seputar Kpop.
Ini kumpulan hal berbau Kpop yg Saya punya:
Playlist hp Kpop semua
Daftar lagu laptop Kpop juga
Koleksi MV yang Saya punya
Majalah dan tabloid seputar Kpop
Poster Kpop yang Saya miliki
Theme handphone Kpop yg Sengaja Saya buat sendiri
Sticker yg di tempel di lemari
Kalender Kpop
Oia, selain menjadi penggemar boyband dan girlband Kpop Saya juga mulai merambah Drama dan reality show nya. Meskipun dulunya Saya tidak suka, tp sekarang tiba-tiba mendadak jadi suka dengan menonton drama. Dan sekarang setiap hari Saya selalu mendengarkan lagu-lagu hingga soundtrack sambil menyanyikannya. Dan kebiasaan ini tidak bisa Saya lepaskan. pengaruh Kpop ini memang benar-benar kuat dalam diri Saya dan entah Sampai kapan Saya menjadi Kpoper. Haduh..

Minggu, Juni 19

Mutasi

Mutasi kromosom merupakan perubahan jumlah kromosom atau hilang dan bertambahnya salah satu segmen kromosom. Mutasi tingkat gen dibagi menjadi dua, yaitu perubahan struktur kromosom dan perubahan jumlah kromosom.

Perubahan struktur kromosom:

  1. Delesi, yaitu peristiwa hilangnya satu segmen kromosom karena patah.
  2. Dulikasi, yaitu Penggandaan diri pada kromosom
  3. Inversi, yaitu peristiwa pembalikan suatu segmen kromosom
  4. Translokasi, yaitu peristiwa pindahnya potongan segmen kromosom ke potongan kromosom lain yang bukan homolognya.
  5. Katenasi, yaitu mutasi kromosom yang terjadi pada dua kromosom yang nonhomolog pada saat pembelahan kromosom, yang ujung-ujungnya saling bertemu hingga membentuk lingkaran.

Perubahan jumlah kromosom:

Poliploidi, yaitu perubahan yang menyebabkan semua kromosom homolog dalam genom memiliki lebih dari dua set kromosom. Macamnya:

  1. Triploid (3n), Organisme yang triploid mempunyai tiga set kromosom pada tubuhnya dan bersifat steril.
  2. Tetraploid (4n), Organisme tetraploid mempunyai empat set kromosom dalam sel tubuhnya dan biasanya bersifat fertil.

Aneuploidi, yaitu keadaan dimana satu atau lebih kromosom bertambah atau berkurang dari jumlah kromosom normalnya. Macamnya:

  1. Nulisomik (2n-2), terjadi apabila suatu organisme kehilangan dua kromosom sejenis dalam sel-selnya. Kemungkinan hidupnya sangant kecil.
  2. Monosomik (2n-1), Organisme kehilangn satu kromosom dari satu perangkat kromosom homolognya.
  3. Trisomik (2n+1), Organisme memiliki kelebihan satu kromosom.
  4. Tetrasomik (2n+2), organisme yang memiliki kelebihan dua kromosom sejenis.

- Yang terjadi akibat nondisjuction pada kromosom kelamin:

  1. Sindrom turner yang mengakibatkan penderita berkelamin wanita namun tidak memiliki ovarium, alat kelamin bagian dalam terlambat perkembangannya dan tidak sempurna, steril, kedua puting susu berjarak melebar, payudara tidak berkembang, badan cenderung pendek, dada lebar, leher pendek, mempunyai gelambir pada leher dan keterbelakangna mental.
  2. Sindrom Klinefelter yang mengakibatkan penderita berkelamin laki-laki tetapi cenderung bersifat kewanitaan, testis mengecil dan mandul, payudara membesar, dada sempit, pinggul lebar, rambut badan tidak tumbuh, tumbuhnya cenderung tinggi, keterbelakangan mental.
  3. Sindrom Jacob yang mengakibatkan pria bertubuh normal, perawakan tinggi, bersifat antisosial, perilaku kasar dan agresif, wajah menakutkan, memperlihatkan watak kriminal, IQ dibawah normal.
  4. Wanita super yang mengakibatkan Penderita steril karena alat genitalia bagian dalam mengalami kelainan.

- Yang terjadi akibat nondisjunction pada autosom:

  1. Sindrom Patau yang mengakibatkan Penderita berkepala kecil, sumbing, tuli, polidaktili, mempunyai kelainan otak, keterbelakangan mental.
  2. Sindrom edward yang mengakibatkan penderita memiliki kelainan pada alat tubuh, telingan dan rahang bawah, mulut kecil tulang pendek dan keterbelakangan mental.
  3. Sindrom down yang mengakibatkan Penderita cenderung pendek, kepala lebar dan pendek, bibir tebal, lidah besar, liur selalu menetes, jari pendek dan gemuk, mata miring ke samping, gigi kecil dan jarang, serta IQ rendah.

- Sindrom yang mengakibatkan penderita yang memiliki sifat kriminal adalah Sindrom Jacobs.

Oncom

Oncom adalah makanan asal Indonesia yang terutama populer di Jawa Barat. Makanan ini adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang (benang-benang hifa), mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).

Ada dua jenis utama oncom: oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah didegradasi oleh kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia sedangkan oncom hitam didegradasi oleh kapang tempe Rhizopus oligosporus dan/atau jenis-jenis Mucor

Oncom adalah satu-satunya bahan makanan manusia yang diolah dengan melibatkan jenis Neurospora.

Pembuatan secara ilmiah

Oncom merah umumnya dibuat dari bungkil tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinya dalam pembuatan tahu, sedangkan oncom hitam umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah yang kadangkala dicampur ampas (onggok) singkong atau tepung singkong (tapioka), agar mempunyai tekstur yang lebih baik dan lebih lunak. Bungkil kacang tanah adalah ampas yang berasal dari kacang tanah yang telah diambil minyaknya dengan proses pemerasan mekanis atau proses ekstraksi. Walaupun kedua bahan substrat tersebut berupa limbah, kandungan gizinya, sesungguhnya masih cukup tinggi untuk dapat dimanfaatkan manusia.

Kapang oncom mengeluarkan enzim amilase, lipase dan protase yang aktif selama proses fermentasi dan memegang peranan penting dalam penguraian pati menjadi gula, penguraian bahan-bahan dinding sel kacang, penguraian lemak, serta pembentukan sedikit alkohol dan berbagai ester yang memunculkan aroma sedap dan harum. Protein juga terdegradasi namun tidak penuh dan berakibat meningkatnya daya cerna.

Untuk pembuatan oncom dari bungkil kacang tanah, pertama-tama direndam dalam air bersih selama 3-4 jam, setelah itu ditiriskan, diayak, dan kemudian dicampur dengan tepung tapioka. Selanjutnya, campuran ini dikukus. Setelah masak, adonan diratakan di atas tatakan dari bambu, dan ditaburi dengan ragi setelah dingin. Inkubasi dilakukan setelah ditutup dengan daun pisang bersih dalam suhu ruang yang hangat (25-30°C) dan kelembaban tinggi, selama 2 sampai 3 hari.

Nilai dan mutu gizi

Oncom memiliki kandungan gizi yang relatif baik dan dapat menjadi sumber alternatif asupan gizi yang baik karena harganya murah. Kandungan karbohidrat dan protein tercerna cukup tinggi pada oncom dari bungkil kacang tanah. Selain itu, populasi kapang diketahui dapat menekan produksi aflatoksin dari Aspergillus flavus yang telah mencemari substrat (bungkil). Degradasi yang dilakukan oleh kapang menyebabkan beberapa oligosakarida sederhana seperti sukrosa, rafinosa, dan stakhiosa menurun pesat kandungannya akibat aktivitas enzim α-galaktosidase yang dihasilkan kapang (terutama N. sitophila) Hal ini baik bagi pencernaan karena rafinosa dan stakhiosa bertanggung jawab atas gejala flatulensi yang dapat muncul bila orang mengonsumsi biji kedelai atau kacang tanah.

Hal yang perlu disempurnakan agar daya terima masyarakat meningkat terhadap oncom adalah yang menyangkut penampilan, bentuk, serta warnanya. Untuk lebih meningkatkan daya terima oncom di masyarakat luas, perlu diperhatikan masalah sanitasi bahan baku, peralatan pengolah, dan lingkungan, serta kebersihan pekerja yang menangani proses pengolahan.

Dalam kaitan dengan aflatoksin, penggunaan kapang N. sitophila dalam proses fermentasi bungkil kacang tanah dapat mengurangi kandungan aflatoksin sebesar 50 persen, sedangkan penggunaan kapang Rh. oligosporus dapat mengurangi aflatoksin bungkil sebesar 60 persen. Aflatoksin dihasilkan pada kacang-kacangan dan biji-bijian yang sudah jelek mutunya. Untuk mencegah terbentuknya aflatoksin, sangat dianjurkan menggunakan bahan baku yang bermutu baik.

Pengolahan oncom

Oncom jarang sekali dimakan mentah. Pengolahan yang paling populer adalah digoreng kering seperti tempe. Oncom dapat pula menjadi campuran sambal (disebut sambal oncom). Pengolahan populer yang menggunakan sambal oncom sebagai pengisi adalah comro ("oncom dijero"), penganan khas Pasundan. Oncom juga menjadi bahan campuran pada laksa dan makanan berkuah lainnya.

Oncom dianggap masih kurang termanfaatkan meskipun berpotensi besar sebagai pemasok protein bagi kalangan menengah ke bawah karena harganya yang lebih rendah daripada tempe.

Si Kecil dari Gas Mulia (Helium)

Suatu hari, Jansenn menemukan bukti keberadaanku pada saat gerhana matahari total tahun 1868. Aku dianggap sebagai hantu karena aku tidak berwarna padahal aku itu ada, namun tidak terlihat karena Aku terlahir dengan wujud gas. Aku tinggal di Golongan VIIIA periode satu. Dan berasal dari keluarga besar gas mulia. Kami bertetangga dengan keluarga halogen. Namun, aku tak mengerti, dalam keluarga gas mulia aku berbeda dengan lainnya. Aku mempunyai susunan duplet sedang keluargaku mempunyai susunan oktet. Aku adalah anak pertama dikeluargaku, namun Badanku paling kecil diantara semuanya. Aku mempunyai nomor atom dua. Keluarga kami jarang berhubungan dengan unsur lainnya.

Ketika aku mengikuti kontes alam semesta. Aku menempati juara dua sebagai unsur terbanyak di alam semesta. Aku paling banyak terdapat di Jagad raya karena merupakan komponen penting dari matahari dan bintang-bintang lainnya. Aku diproses dari gas alam, karena banyak gas alam yang mengandungku.

Aku senang membantu kehidupan manusia, suatu saat ketika aku sedang berjalan-jalan dengan sobatku Oksigen, dijalan tiba-tiba ada yang menawari kontrak casting untuk membantu mengisi tabung pernafasan para penyelam dan para pekerja dibawah tekanan tinggi. Wah, jantungku rasanya mau copot pasalnya Aku dipilih menggantikan sang artis terkenal Nitrogen, karena si Nitrogen sering membahayakan manusia. Aku kira sobatku Oksigen yang akan dapat kontrak, ternyata gara-gara si oksigen merusak sistem saraf manusia dan menyebabkan manusia keracunan oksigen. Alhasil akulah yang terpilih, aku mendapat 80% episode dan oksigen hanya mendapat bagian 20%. Wah, beruntung ya.. karena ketidakreaktifan aku jadilah aku dipercaya oleh manusia. Tapi, maaf ya, kadang-kadang kalau aku terlalu lama dipakai, manusia tidak sengaja aku buat pening dan rabun. He..he sorry ya.. Selain itu akupun punya pekerjaan sampingan Aku biasa dijadikan bahan bakar roket.

Nah, ini pekerjaan yang sangat aku sukai. Karena aku sangat suka anak kecil. Aku rela dijadikan pengisi balon udara, untuk membahagiakan anak-anak kecil. Tubuhku yang ringan dan tidak bereaksi membuatku dapat mengisi balon udara. Aku juga digunakan untuk balon-balon raksasa yang memasang berbagai iklan perusahaan-perusahaan besar, termasuk Goodyear.

Pekerjaan lainnya sedang dikembangkan oleh militer AS adalah untuk mendeteksi peluru-peluru misil yang terbang rendah. Badan Antariksa AS NASA juga menggunakan balon-balon berisiku untuk mengambil sampel atmosfer di Antartika untuk menyelidiki penyebab menipisnya lapisan ozon. Wah, tugas mulia sebagai pahlawan. Hebatkan aku.!

Namun, ada satu yang mengganjal dihatiku. Hingga saat ini belum ada satupun unsur yang ingin menikah denganku. Karena aku mempunyai susunan elektron yang sangat stabil, Unsur-unsur lain tak bisa mendekati aku dan mengajakku membentuk senyawa. Padahal aku sudah berusaha mendekati unsur-unsur lain, tapi tetap saja dari keluargaku terutama aku, neon dan argon belum ada yang berhasil. Kecuali adikku, Xenon dia berhasil menggaet Fluor dan menghasilkan anak-anak yaitu XeF2, XeF4 dan XeF6.

Kawan semua, Itulah cerita mengenai aku, si Helium dari keluarga Gas Mulia.